Minggu, 17 Januari 2010

Doa Awal tahun

Ya Allah ya Hamid ya Syakur.
Atas karunia-Mu maka usia kami bisa bertambah, meskipun belum berbanding lurus dengan pengabdian kami kepada-Mu.
Ya Allah ya Afuw ya Gafur.
Kami mohon pengampunan-Mu karena:
Di hadapan kami ada orang lemah membutuhkan bantuan tidak kami bantu.
Di hadapan kami ada orang didholimi memohon perlindungan tidak kami lindungi.
Di hadapan kami ada orang susah meminta bantuan, tidak kami hiraukan.
Di hadapan kami ada orang meminta maaf tidak kami maafkan.
Di hadapan kami ada suguhan dosa dan maksiat tidak kami tolak.
Di dalam diri kami ada haknya orang lain tidak kami penuhi.
Di pundak kami ada kewajiban terhadap-Mu dan terhadap orang lain tidak kami penuhi.
Kepada kami ada orang yang berbuat baik tidak kami berterima kasih kepadanya.
Di dalam benak kami ada aib orang lain tidak kami sembunyikan.
Di dalam diri kami ada kebaikan orang lain tidak kami hargai.
Ya Allah ya Syahid ya Shabur.
Engkau Maha Menyaksikan, saksikanlah, inilah kami para hambamu bersimpuh dan berserah diri di hadapan-Mu pada hari ini, tiada lain harapan kami kecuali memohon ampunan, bimbingan, dan pertolongan-Mu. Ampunilah seluruh dosa, kekhilafan, dan kealpaan kami.
Kami yang bertambah panjang usianya dan bertambah banyak pula dosanya. Kami sadar bahwa dosa-dosa kami besar tetapi ampunan-Mu jauh lebih besar. Tidak ada yang bisa mengampuni dosa yang besar kecuali Tuhan Yang Maha Besar.
Ya Allah ya Rahman ya Rahim.
Siapa yang berbuat dosa dan siapa yang mengampuni dosa? Kami yang paling banyak melakukan dosa dan Engkaulah yang paling banyak mengampuni dosa. Apakah akan Engkau hukum kami, sementara tubuh kami sudah rebah bersujud dan beribadah kepada-Mu? Apakah akan Engkau bakar kami di neraka, sementara wajah kami dibasahi air mata tobat? Apakah Engkau masih membenci kami, sementara jiwa kami diliputi rasa cinta yang amat dalam terhadap-Mu?
Terserah Engkau ya Allah. Sepenuhnya kami pasrahkan diri ini kepada-Mu. Jika Engkau akan memasukkan kami ke dalam neraka-Mu, itu memang pantas bagi kami, mengingat banyaknya dosa daan maksi at yang telah kami lakukan. Jika Engkau akan memasukkan kami ke dalam syurga-Mu, tidak ada yang bisa menghalangi Engkau, karena memang Engkau lebih menonjol sebagai Tuhan Maha Pengasih dan Penyayang ketimbang sebagaia Tuhan Maha Keras dan Maha Penyiksa.
Ya Allah ya Samiya Bashir.
Jika Engkau menghukum kami tidak ada manfaatnya bagi-Mu. Jika Engkau mengampuni kami tidak ada mudarratnya bagi-Mu. Rasul-Mu pernah mengajari kami sebuah doa: Ya Allah, jika panjangnya umur ini berbanding lurus dengan dosa dan maksiat, ambillah kami. Jika produktifitas amal ibadah kami masih memungkinkan maka panjangkanlah usia kami.
Ya Allah ya Halim ya Lathif.
Tidak ada jalan bagi kami untuk melindungi diri dari dosa dan kesesatan kecuali dengan penjagaan-Mu. Tidak ada cara untuk mencapai amal yang baik kecuali dengan kehendak-Mu. Tidak ada tempat bagi kami mengadukan segala kesulitan yang dihadapi bangsa kami kecuali dengan pertolongan-Mu. Kami memohon kepada-Mu, kiranya Engkau menjaga umat dan memelihara bangsa kami sehingga kami semua terbebas dari berbagai masalah dan musibah. Sungguh kami takjub kepada-Mu karena begitu banyak dosa dan kealpaan yang kami lakukan tetapi bersamaan dengan itu kami merasakan banyaknya anugerah dan kebaikan-Mu. Ya Allah ya Rabbi, putihkanlah segenap kegelapan masa lampau kami dan kabulkanlah permohonan kami. Amin.



0 komentar: