Rabu, 11 Maret 2009

Kesabaran

Mungkin kita adalah termasuk seseorang yang sangat bersahabat dengan kemarahan.. jika kita renungkan baik – baik sebenernya apa sih yang bisa kita peroleh dari sebuah kemarahan? sebenarnya seorang yang diam dan tidak bisa marah bukanlah dapat disebut sebagai orang yang penyabar.. orang penyabar adalah orang yang bisa mengelola kemarahannya dengan tetap berlaku adil dan bijak..


Kehati-hatian dalam bereaksi terhadap yang membuat kita marah itu lah yang menjadikan kita tampil sabar..Orang yang mampu mengendalikan kemarahannya dengan baik untuk memberikan tindakan yang menenangkan dan positif berati orang tersebut telah berhasil mencapai kemapanan hati dan siap naik ke level yang lebih tinggi..
Ternyata kita akan merasa jauh lebih menderita karena kemarahan kita dibandingkan hal-hal yang membuat kita marah..

Sedangkan sebaliknya orang yang tidak mampu mengendalikan kemarahannya adalah orang terlempar dari level kemapanannya dan bersiap2lah untuk direndahkan karena pikirannya yang tidak berpikir jernih dalam suasana kemarahan..

Sebenarnya reaksi yang anda tampilkan ketika kita marah, menunjukkan kepada dunia tentang level kita yang sesungguhnya..
Jika kita menasehatkan sesuatu yang belum pernah kita lakukan, cepat atau lambat kita akan diuji dengan apa yang kita nasehati. Nasehat tentang kesabaran, maka kesabaran kita akan diuji. Mengapa hal ini terjadi? Karena Tuhan begitu menyayangi manusia. Dia tidak ingin manusia menasehatkan sesuatu yang belum dirasakannya. Tuhan memurnikan manusia.
* Orang yang menghindari kesalahan, tidak akan tumbuh
* Nikmatilah setiap proses kehidupan
Orang lain adalah cermin. Ada dua jenis : cermin baik dan buruk. Cermin buruk, sebaik apapun diri kita, akan tetap memantulkan gambar diri yang bengkok. Itulah mengapa kita perlu bergaul dengan lingkungan yang baik
* Budi Pekerti adalah tindakan baik yang didasari oleh tujuan yang baik. Tujuan kemanusiaan dari budi pekerti adalah agar kita berguna bagi sesama. Tujuan keTuhanan dari budi pekerti adalah agar kita menjadi kekasih Tuhan.
* Jika hidup dan matiku untuk Tuhan, untuk saya apa? kita dapat apa yang Tuhan miliki.(Inna Sholati wanusuki wamahya ya wama mati lilahirabbil`alamin)
* Kebesaran orang bukan ditentukan oleh besar kecil tubuhnya, melainkan besar kecil hatinya
* Tidak mungkin ada dua benda dalam satu ruang. Pilih apa yang hendak kita masukkan ke hati kita : kebaikan atau kejahatan?
* Hadiah pertama bagi orang yang melakukan kebaikan adalah kebaikan
* Penampilan terbaik dari seseorang adalah penampilan yang mewakili hati yang baik
* Ada kata - kata : “gunakan hatimu”. Dalam menentukan keputusan, gunakan logika atau perasaan?
Pertimbangan berdasarkan logika memiliki batas. Batasnya adalah pengetahuan yang dimiliki. Sedangkan RASA, merupakan “alat” pertimbangan yang lengkap. Masalahnya, rasa “meRASAkan menggunakan HATI” tersebut perlu dilatih, latih hati dengan menentukan banyak keputusan dan belajar dari keputusan tersebut. INGAT! Tuhan lebih banyak berbicara kepada kita melalui hati daripada melalui pikiran.
* Manusia terindah adalah manusia yang bermanfaat untuk saudaranya..........



Baca Selengkapnya......